Sabtu, 22 Desember 2012

jenis jenis firewall

Firewall adalah bagian dari sistem komputer atau jaringan yang didesain untuk memblok atau mencegah orang-orang yang tidak memiliki ijin untuk mengakses sumber daya atau infrastruktur kita. Dalam penggunaan pribadi, saat kita browsing atau surfing, firewall akan menjaga koneksi internet tetap aman dengan memeriksa dan lalu menerima atau menolak setiap usaha untuk menghubungkan jaringan internal kita dengan jaringan eksternal. Dalam kasus ini, firewall akan menciptakan semacam kemacetan antara jaringan internal dengan jaringan eksternal karena semua lalu lintas data yang berpindah di antara jaringan internal dengan jaringan eksternal harus melewati sebuah titik kontrol tunggal. Jadi, semua paket data yang masuk atau keluar dari jaringan internal akan melewati firewall yang akan menguji setiap paket dan memblokir paket data yang tidak memenuhi kriteria keamanan tertentu
JENIS-JENIS FIREWALL

  1. Packet Filtering Gateway
  2. Application Layer Gateway
  3. Circuit Level Gateway
  4. Statefull Multilayer Inspection Firewall
      Packet Filtering Gateway
Packet filtering gateway dapat diartikan sebagai firewall yang bertugas melakukan filterisasi terhadap paket-paket yang datang dari luar jaringan yang dilindunginya.  

      Aplication layer gateway
Model firewall ini juga dapat disebut Proxy Firewall. Mekanismenya tidak hanya berdasarkan sumber, tujuan dan atribut paket, tapi bisa mencapai isi ( content ) paket tersebut.
Bila kita melihat dari sisi layer TCP/IP, firewall jenis ini akan melakukan filterisasi pada layer aplikasi   
(Application Layer ).

      Circuit Level Gateway
Model firewall ini bekerja pada bagian Lapisan transport dari model referensi TCP/IP. Firewall ini akan melakukan pengawasan terhadap awal hubungan TCP yang biasa disebut sebagai TCP Handshaking, yaitu proses untuk menentukan apakah sesi hubungan tersebut diperbolehkan atau tidak. Bentuknya hampir sama dengan Application Layer Gateway , hanya saja bagian yang difilter terdapat ada lapisan yang berbeda, yaitu berada pada layer Transport.
 
Statefull Multilayer Inspection Firewall
Model firewall ini merupakan penggabungan dari ketiga firewall sebelumnya. Firewall jenis ini akan bekerja pada lapisan Aplikasi, Transport dan Internet. Dengan penggabungan ketiga model firewall yaitu Packet Filtering Gateway, Application Layer Gateway dan Circuit Level Gateway, mungkin dapat dikatakan firewall jenis ini merupakan firewall yang ,memberikan fitur terbanyak dan memeberikan tingkat keamanan yang paling tinggi.


Semoga artikel tentang jens jenis firewall bermanfaat


0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. compatible - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz