Minggu, 01 Januari 2012

technology android

android Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux.  Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri sehingga dapat digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android,  dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google,  HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Android adalah OS baru dalam dunia teknologi ponsel, saat ini di Indonesia hadir HTC  Magic yang diklaim sebagai ponsel dengan OS Android Pertama yang hadir di pasar tanah air. HTC Magic ini dikenalkan pada pengguna oleh Telkomsel sebagai Operator seluler terkemuka di Indonesia. tidak hanya itu androiid os juga dapat digunakan di laptop maupun pc

PERKEMBANGAN

Pada bulan Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc, kecil startup perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Androiddari co-pendiri yang pergi untuk bekerja di Google termasuk Andy Rubin (co-pendiri Danger), Kaya Miner (co-pendiri Wildfire Communications, Inc), Nick Sears (sekali VP di T-Mobile), dan Chris White (kepala desain antarmuka dan pembangunan di Webtv). Pada saat itu, sedikit yang diketahui tentang fungsi Android, Inc selain mereka yang membuat perangkat lunak untuk ponsel. Hal ini dimulai rumors bahwa Google telah berencana untuk memasukkan ponsel pasar, walaupun ianya tidak jelas apa fungsi mungkin melakukan di pasar.  Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin, dikembangkan perangkat mobile platform yang didukung oleh Google OS yang dipasarkan ke handset keputusan dan operator pada premis pemberian yang fleksibel, upgradeable sistem.

Android telah mengalami pembaharuan sejak peluncuran awalnya.

  1. Cupcake
    30 April 2009 secara resmi diluncurkan Cupcake dengan beberapa fitur baru:
    • Kemampuan merekam dan memutar video di modus camcorder
    • Upload video ke Youtube dan foto ke Picasa langsung dari ponsel
    • Tombol soft keyboard dengan fitur “autocomplete”
    • Kemampuan koneksi langsung ke headset bluetooth
    • Widget dan folder baru
    • Animasi
    • Kemampuan copy-paste diperbaiki
  1. Doughnut
    15 September 2009, Donat (Donut) diluncurkan:
    • Android Market diperbaharui
    • Antarmuka kamera, camcorder, dan galeri terintegrasi
    • Penghapusan foto di galeri bisa dilakukan secara multiple (banyak file)
    • Voice Search diperbaharui dengan respon lebih cepat dan integrasi lebih baik dengan kemampuan panggilan kontak
    • Fitur pencarian diperbaiki untuk bookmark, history, kontak, dan web langsung dari tampilan siaga
    • Pembaharuan dukungan teknologi CDMA/EVDO, 802.1x VPN, Gesture, dan text-to-speech
    • Kecepatan diperbaiki di bagian pencarian
  1. Eclair
    26 Oktober 2009
      • Kecepatan hardware diperbaiki
      • Aplikasi baru “Car Home”
      • Dukungan resolusi dan ukuran layar dikembangkan
      • Antarmuka browser yang baru
      • Daftar kontak baru
      • Rasio hitam-putih untuk background lebih baik
      • Google Maps 3.1.2
      • Dukungan Microsoft Exchange
      • Dukungan lampu flash untuk kamera
      • Digital zoom
      • Virtual keyboard diperbaiki
      • Bluetooth 2.1

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux.  Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri sehingga dapat digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android,  dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google,  HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Android adalah OS baru dalam dunia teknologi ponsel, saat ini di Indonesia hadir HTC  Magic yang diklaim sebagai ponsel dengan OS Android Pertama yang hadir di pasar tanah air. HTC Magic ini dikenalkan pada pengguna oleh Telkomsel sebagai Operator seluler terkemuka di Indonesia.

KELEBIHAN OS ANDROID:

"Karena Android itu Open Source"

Apa itu Open Source?

Open Source adalah gratisan? Jangan salah kira. Secara sederhana sih,  Open Source atau keterbukaan akses itt seperti sebuah keleluasan bagi kita untuk mengatur, memodifikasi, hingga menyempurnakan dari yang sudah ada dan membuat aplikasinya tanpa terbentur dengan yang namanya seleksi atau batasan-batasan dari pihak tersebut.

Lalu apa dampak dari Open Source ini?

  • Para developer aplikasi Android OS tidak perlu membayar untuk membuat aplikasi untuk Android. Tidak seperti iPhone atau Windows Mobile yang mengenakan biaya kepada para developer setiap membuat sebuah aplikasi.
  • Karena pengembangannya bebas (tidak dikenai biaya), maka aplikasinya pun bebas diakses sesuak hati. Kamu tidak perlu bayar setiap kali men-download dan menginstall aplikasi di Android.
  • Pemakaiannya mudah alias enggak ribet (menurut orang yang sudah memakai Ponsel G1 dengan OS Android).
  • Lebih stabil dan aman, tidak seperti Windows yangg terkadang sering lag atau rentan terkena virus.
  • Realisasi cloud computing yang sesungguhnya. Contact di HP Kamu sudah secara otomatis tersimpan di  akun Google. Semua fitur Google sudah terintegrasi di HP Android (Google Search, Google Docs, Google Maps, Gmail.)
  • Mudah mencari software karena ada Android Market.
  • Fleksibel. OS Android ini bisa dipake di banyak platform hardware.
  • Kecepatan updating OS terbilang baik. Bug dan semacamnya biasanya lebih cepat teratasi.

KEKURANGAN OS ANDROID

  • Karena masih baru, maka belum banyak aplikasi yang tersedia untuk Android.
  • Bagi orang yangg belum pernah memakainya mungkin akan sedikit membingungkan pada awalnya.
  • Masih sedikit pengguna OS Android ini.

Tentunya OS yang baru lahir ini masih punya beberapa kekurangan. Namun pasti nanti akan terus dilakukan penyempurnaan oleh vendor-vendor terpercaya yang memakai OS ini demi memberikan pelayanan terbaik bagi penggunanya.

BERIKUT SITUS UNTUK APLIKASI GRATISAN ANDROID

Untuk pengguna smartphone berbasis Android, aplikasi yang free-nya banyak banget dan gampang di-download di market aplikasi atau tempat lain. Kamu bisa coba ke link ini:

1. Google Market = google.com/market

2. Slidme/Mobentoo = slideme.org

3. AndroidFreeware = www.androidfreeware.org

4. Android Forum = androidforums.com

5. Ip-mart = www.ipmart-forum.com

6. Android Library = htttp://www.androlib.com

7. Android Application = www.androidapps.org

8. I-store = http://istore.indosatm2.com

JENIS PC TAB ANDROID OS


SAMSUNG

Samsung Galaxy Tab 10.1 mendapatkan perhatian khusus. Dengan sistem operasi Android 3.0 "Honeycomb" dan Nvidia Tegra 2 dual-core prosesor, membuat gadget ini dipercaya sebagai Gadget PC Tablet tercepat saat ini di kelasnya. Didukung dengan layar super lebar 10.1-inch beresolusi 1280 X 720, 2 Kamera Megapixel, dan seabrek feature canggih yang ditawarkan Android 3.0 Honeycomb, membuat gadget Tablet ini diyakini akan mampu bersaing di pasaran PC Tablet tahun 2011 ini.


LG

PC tablet pertamannya, LG G-Slate. Secara keseluruhan, LG G-Slate memiliki feature yang sama seperti Samsung Galaxy Tab 10.1, namun memiliki layar yang lebih kecil, yaitu 8,9 inch. Kelebihan LG G-Slate adalah kemampuan tablet tersebut untuk merekam dan memutar konten 3D. Selain itu, LG G-Slate bisa di sambung ke layar Monitor/TV biasa untuk menghasilkan tampilan yang lebih besar.


HTC

HTC tidak mau ketinggalan memamerkan produk Tablet pertamanya. Meskipun hanya memakai OS Android 2.3 "Gingerbread", namun OS ini telah di kustomasi oleh HTC sehingga Android ini memiliki tampilan yang super "WAH".

JENIS HP ANDROID

SONY ERICSSON


Sony memperkenalkan Sony Ericsson Xperia Arc- produk generasi terbaru dari rangkaian seri Xperia. Xperia Arc menggunakan platform Android  2.3 yang dikenal dengan Gingerbread dengan processor 1 GHz Qualcomm CPU, layar multi-touch 4.2 inchi(Reality Display- 854 x 480 pixel resolutin) Sony Ericsson Xperia Arc Arc juga dibekali dengan kamera 8.1-megapixel dengan HD video (720p), dan ketebalan 8,7 mm pada bagian yang paling tipis.

Sony Ericsson Experia Arc akan tersedia di pasar Indonesia mulai kuartal pertama tahun ini dengan pilihan warna midnight blue dan misty silver.

LG

LG Optimus Star (P990) barangkali akan menjadi salah satu ponsel Android terpanas tahun ini. Dalam preview LG Star dari Engadget, ponsel bertenaga prosesor Dual Core NVIDIA Tegra 2 ini tampil sangar dan keren.

Selain NVDIA Tegra 2, spesifikasi prototipe LG Star tersebut juga terendus memiliki layar LCD 4 inch beresolusi 800 x 480. Sedangkan untuk versi Android (masih) menggunakan Froyo namun sangat lebar peluang LG Star akan berduet bersama Android Gingerbread ketika diluncurkan nanti.

HTC

Operator Telco Amrik Sprint telah memperkenalkan dua perangkat Android terbaru buatan HTC. Mereka adalah HTC Evo 3D dan HTC Evo View 4G.

HTC Evo 3D akan turun dengan spefikasi Android 2.3 Gingerbread, Dual Core Snapdragon 1.2 Ghz, 1GB RAM, 4 GB Internal Memory, baterai Li-Ion 1730 mAh dan layar 4.3 inch qHD 960 x 540.

HTC Evo 3D - Dual 5 Mpix Camera

Kesaktian lain HTC Evo 3D adalah kemampuan 3G/4G Mobile Hotspot, Dual 5 Mpix Camera untuk merekan gambar & video 3D, Kamera Depan 1.3 Mpix serta 8 GB Memory Card pre-installed.

SAMSUNG

Samsung Galaxy S merupakan handphone Android terbaru keluaran samsung dengan nama asli Samsung Galaxy S i9000, Handphone Samsung Galaxy S boleh dibilang versi premium dari Samsung Galaxy Spica karena gadget smartphone super amoled yang satu ini memasang harga lumayan tinggi.

MOTOROLA

Droid X diklaim menjadi salah satu ponsel android tercanggih lantaran spesifikasinya yang menggiurkan. Dimulai dari prosesor 1 Ghz ARMv7, kamera 8 Megapixel dual LED flash, perekam video 720p HD, layar resolusi tinggi FWVGA 854 x 480px, HDMI out, kapasitas memory 8GB, pre-installed 16GB MicroSD dan OS Android 2.1 (2.2 Akhir tahun). Menurut beberapa media yang mereviewnya, hasil video kameranya yang tajam patut diacungi jempol.

Droid X dibuka penjualannya oleh operator asal Amerika Serikat, Verizon dengan penawaran harga $199 dengan kontrak 2 tahun. Motorola Droid X juga sempat diprediksi akan laris manis di pasaran saat peluncuran bahkan akan menyaingi iPhone 4.

semoga bermanfaat Smile

referensi dan sumber :

 http://www.wikipedia.org/,

http://www.etakitu.com/magazine/teknologi/read/os-android-mencoba-bersaing/

http://uswahtech.uswah.net/berita-197-mengenal-teknologi-android.html/

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. compatible - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz